Harga Pemain Sepakbola Saat ini Masih Terbilang Wajar

Harga Pemain Sepakbola Saat ini Masih Terbilang Wajar

Banyak sekali komentar negatif menyikapi tingginya harga sejumlah pemain sepakbola pada bursa transfer musim panas tahun ini. Namun, Pimpinan Liga Primer Inggris, Richard Scudamore, menilai bahwa harga para pemain saat ini masih dalam batas wajar.

Harga Pemain Sepakbola Saat ini Masih Terbilang Wajar

Sebagaimana diketahui, bursa transfer musim panas tahun ini memang berlangsung cukup ekstrem. Striker muda non pengalaman seperti Romelu Lukaku yang baru berusia 24 tahun ditebus Manchester United lewat kocek sebesar 75 Juta Poundsterling. Sementara itu, Manchester city harus mengeluarkan uang sebesar 50 Juta pounds untuk merekrut pemain non-bintang , Kylie Walker dari Tottenham Hotspur.

Belum lagi, wacana transfer Winger 18 tahun asal prancis, Kylian Mbappe, yang dipercaya memiliki banderol senilai 120 Juta Euro. Sempat terdengar juga isu kepindahan Neymar menuju Paris saint-German, dimana klub Prancis diklaim siap melepas kocek sebesar 220 juta euro demi mengamankan jasa pemain Brazil tersebut dari Barcelona.

Akan tetapi, Richard Scudamore merasa bahwa kocek tinggi yang dikeluarkan klub-klub tersebut untuk mendaratkan para pemain bintang memang setimpal dengan besarnya penghasilan yang mereka dapatkan dari berbagai sumber, bahkan termasuk penjualan hak citra sang pemain sendiri.

“Well, tentunya dengan pendapatan yang dihasilkan klub-klub Liga Primer – dan ini selalu sama sejak sepakbola dimulai hampir 150 tahun lalu – mereka menginvestasikan uangnya dengan mendatangkan talenta yang lebih baik. Saya kira kita tidak perlu khawatir dengan inflasi bursa transfer, kita perlu ingat bahwa pada 2001 silam [Zinedine] Zidane direkrut [Real Madrid] seharga £46 juta.”

“Pada 2001 silam omset Liga Primer hanya sebesar £460 juta, dan itu adalah 10 persen [dari yang sekarang]. Jika menilik pasar hari ini, nominal transfer bisa saja menjadi £300 juta dan kita masih jauh dari level itu.” ujarnya dikutip dari Sky Sports News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *