PPI Maroko

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Info Maroko

Maroko Strategis Jadi Pintu Masuk Kawasan Afrika

PDF

Posisi Maroko yang berada di utara Afrika merupakan entry point  bagi negara di luar Afrika untuk masuk ke negara negara lainnya di Afrika seperti Aljazair, Libya, Niger, Mali dan Mauritania. Akses Maroko yang cukup dekat ke Spanyol  dapat dijadikan pintu masuk  ke daratan Eropa. Dengan posisi berada pada  pertemuan dua Samudera yaitu Atlantik dan Mediterania,  Maroko cukup strategis bagi lalu lintas barang melalui laut.
Read more...
 

Pemberdayaan Wakaf di Maroko


Oleh : Prof. Dr. H. Imam Suprayogo

Sekalipun kunjungan ke Maroko itu hanya sebentar, -----beberapa hari saja, saya mendapatkan informasi yang menarik, yaitu tentang pengelolaan wakaf. Di antara sumber pendapatan negara diperoleh dari wakaf dan dikelola secara baik. Ada kementerian khusus yang bertanggung jawab mengelola wakaf, yaitu Menteri Wakaf dan Urusan Islam. Di Indonesia, wakaf ini ditangani oleh  Menteri Agama.    

Negeri Arab yang berada di ujung paling  barat, hingga juga diberi sebutan maghrib ini  berpenduduk muslim, lebih dari 98 %. Oleh karena itu wakaf menjadi sumber pendapatan yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sosial, seperti untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan, pengentasan kemiskinan, modal usaha,  termasuk membiayai kebutuhan tempat ibadah, dan lain-lain.

Read more...
 

Barang Bawaan Mahasiswa Baru


Bagi calon pelajar atau mahasiswa yang akan belajar di Maroko agar mempersiapkan beberapa hal sebagaimana berikut :

1.Pakaian sehari-hari:

    T-shirt, disarankan yg katun

    T-shirt lengan panjang

    Celana hitam panjang

    Celana training panjang/pendek

    Jaket tipis/Jumper/Sweater

    Pakaian olahraga

Read more...
 

Kunjungan Rohani KH Maimun Zubair di Fes


Berkunjung ke Madrasah Quaraouiyine (baca qarawiyyin -red) menjadi salah satu agenda kunjungan KH. Maimun Zubair Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah selama di Maroko.

Madrasah Quaraouiyine adalah salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di dunia. Didirikan pada tahun 245 / 857 M, oleh Fatimah Fihriyah, seorang wanita dari kota Kairouan, Tunisia.  Maka, nama Quaraouiyine pun diambil dari kata Kairouan ini.

Tempat pertama yang dikunjungi di komplek ini adalah Madrasah al-Shaffarin, madrasah ini sebenarnya merupakan kamar-kamar untuk santri-santri Jami' Quaraouiyine (Jami' berarti masjid –red). Dulu pernah ada santri dari Indonesia yang mondok di sini yaitu Ustad Amrul Qois dari Jakarta.

Di dalam salah satu kamar Madrasah al-Shaffarin ini terdapat mauqifnya Imam Jazuli di mana beliau gunakan untuk mengarang kitab shalawat Dalail al-Khoirat.
Read more...
 

Ceramah Mbah Kyai Maimun Zubair di Universitas Ibn Tofail Maroko


Rabat. Melalui hubungan diplomasi yang baik antara dua negara bersaudara Indonesia – Maroko, Indonesia sekarang mulai dikenal oleh masyarakat Maroko. Berbagai tokoh penting Indonesia mulai berkunjung ke Maroko guna untuk menjalin dan melestarikan hubungan persaudaraan antar dua negara tersebut.

Tepat pada tanggal 13 September 2011, tokoh terkemuka Indonesia kembali menginjakkan kaki di bumi seribu benteng ini, Mbah Maimoen biasa dipanggil, KH. Maimun Zubair pendiri dan pengasuh Ponpes Al Anwar Sarang Rembang bersama rombongan tiba di Bandara Muhammad V Casablanca dan kemudian menuju Rabat ibu kota Maroko.

Pada kunjungan kali ini, Mbah Kyai bersama rombongan bermaksud untuk berziarah ke beberapa makam ulama besar Maroko yang telah berjasa bagi penyebaran Agama Islam di Indonesia, diantaranya Dharih (istilah makam dalam bahasa Maroko - red) yang akan dikunjungi mbah kyai bersama rombongan, makam Syeikh Tijani pendiri tariqat Tijaniah di Kota Fes, Syeikh Imam Jazuli pengarang buku Dalailul Khairat di Fes, Ibnu Ajrum Ashanhaji pengarang buku Nahwu Ajrumiah dan Ibnu Bathuthah di Kota Tangier.

Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 3

PENGUNJUNG ONLINE

We have 15 guests online

Pesan & Kesan



Donasi

PPI Maroko menerima sumbangan yang tidak mengikat.

Kalender

OISAA

Photobucket